Belajar itu Indah

Selamat Datang di Blog saya

Belajar Itu Indah

Rabu, 20 April 2011

Bahaya Zat pewarna dalam Permen

Assalamualaikum.

saya ingin membagikan informasi kepada kalian bahayanya zat pewarna makanan pada permen dan apa saja jenisnya. agar kita bisa mulai hidup sehat dari sekarang dan tidak sembarangan membeli makanan berbahaya. terutama anak-anak yang suka jajan sembarangan.


____________________________________________________


Bahaya Zat pewarna dalam permen

Permen termasuk golongan JunkFood(makanan sampah)yang miskin akan gizi.
ada begitu banyak ragam permen seperti permen karet,permen jely , permen empuk, permen kristal.
bentuknya tak kalah beragam seperti bulat, lonjong , panjang persegi, sampai bentuk-bentuk lucu. rasanya? wow.. tentu beragam pula. entah itu manis, asam, rasa jahe, mint dan sebagainya.

apa saja sih yang terkandung dalam sebutir permen? inilah diantaranya:

1. Sukrosa dan Glukosa
komponen utama permen adalah gula yang dalam bahasa ilmiah disebut sukrosa. itulah mengapa permen disebut gula-gula. sedangkan Glukosa adalah yang terkandung dalam permen untk memperbaiki tekstur permen agar lebih terasa lembut saat dinikmati.

2. Sakarin atau siklamat
Sakarin adalah gula buatan yang menghasilkan rasa manis yang amat sangat. gula buatan ini biasanya menimbulkan rasa pahit/getir dilidah konsumen. sakarin sudah jarang digunakan.

3. Asam malat atau asam sitrat
merupakan asam organik yang ditambahkan pada permen untuk memberi rasa seperti jeruk, stroberi atau buah yang lainnya.

4. Zat pewarna
sebagai pemikat, permen juga ditambahkan zat pewarna.

5. Zat Tambahan
kadang permen menambahkan zat tambahan seperti susu,ekstrak kopi, vanili Dll. namun persentasinya tentu sedikit karena hanya dimaksudkan untuk cita rasa.


EFEK NEGATIF

*termasuk golongan JunkFood
kandungan kalori dalam permen sangat rendah yaitu sekitar 20-30 kalori. permen sama sekali tidak memiliki kandungan gizi. kelebihan kalori menyebabkan anak kelebihan berat badan. kegemukan juga berkaitan erat dengan kencing manis dan gangguan jantung,

*merusak gigi
sebenarnya pengaruh kerusakan gigi akibat permen tergantung pada kedisiplinan anak menjaga mulutnya terutama menggosok gigi. bila seorang anak sering mengkonsumsi permen namun tidak pernah menggosok gigi ada kemungkinan akan menyebabkan lubang gigi (karies).

*mengurangi nafsu makan
permen yang dikonsumsi oleh anak sebelum waktu makan akan mengganggu selera makan anak. hal ini dikarenakan gula yang terkandung dalam permen memberikan efek kenyang.



sekerang kita mengetahui bahaya dan efek samping dari mengkonsumsi permen. terutama bagi anak-anak. lebih baik makanlah permen tetapi secukupnya, jangan terlalu sering memakan permen.

oke lah sekian dulu dari saya..
Wassalamualaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar