Belajar itu Indah

Selamat Datang di Blog saya

Belajar Itu Indah

Rabu, 20 April 2011

Ragam Penyakit Ginjal Dan Cara Penanganannya

Assalamualaikum...♥
aku kembali... membawa info tentang penyakit ginjal,,, semoga bermanfaat..

Chekodot...♥♥♥
___________________________________________________________________________

Penyakit ginjal bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor pencetus yang muncul dari dalam ginjal itu sendiri atau disebabkan oleh faktor lain di luar ginjal. Penyakit ginjal dewasa ini menjadi perhatian serius para ahli kedokteran karena bisa membahayakan kehidupan penderitanya.

Salah satu penyakit ginjal yang akan dibahas dalam artikel ini adalah disfungsi ginjal yang disebabkan karena adanya batu di dalam ginjal atau yang lazim disebut dengan BATU GINJAL.

Pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan Batu Ginjal adalah bilamana ditemukannya adanya material batu di dalam ginjal yang dapat menyebabkan kesulitan dalam pembuangan air seni ( air kencing - red ). Terjadinya pembentukan batu ginjal bisa disebabkan oleh beberapa hal , diantaranya adalah :

1. Jika batu ginjal terbentuk karena disebabkan oleh penyakit lain yang menyebabkan terjadinya kandungan Kalsium berlebihan pada sirkulasi peredaran darah sehingga akhirnya terbentuk material batu di dalam ginjal , hal ini dalam dunia medis kedokteran disebut dengan istilah
HYPERCALCEMIA.

2. Jika terjadinya pembentukan batu di dalam ginjal bilamana disebabkan oleh kandungan kalsium Oksalate yang terdapat di dalam sayuran hijau dan buah tomat . Kalsium Oksalate ini berperan 70 % , sementara phospahat membentuk 15 % dan Uric Acid membentuk 10 % dalam proses terbentuknya batu ginjal. Dalam hal ini disebut sebagai HYPEROXULARIA

Jika batu ginjal dibiarkan dan tidak segera dilakukan penanganan medis maka bisa berakibat terjadinya tekanan darah menjadi tinggi atau bahkan bisa menyebabkan anemia.

1. LITHOTRIPSI

Teknik yang digunakan dalam hal ini adalah menggunakan sinar - X untuk menghancurkan batu ginjal hingga menjadi serpihan batu - batu kecil yang lembut sehingga nantinya bisa keluar besama air seni.

2. DIALISIS

Bila sampai terjadi gagal ginjal karena disebabkan oleh adanya batu di dalam ginjal dimana ginjal sudah tidak dapat lagi menyaring kotoran / racun. Penanganan yang dilakukan adalah dengan cara Dialisis ini , yang artinya dilakukan cuci darah. Terdapat dua macam cuci darah , yaitu

HAEMODIALISIS adalah dengan cara mencuci darah yang dilakukan menggunakan mesin pencuci darah ( Dializer ) . Teknik kerjanya dengan cara menggunakan cairan Dialisis melalui suatu membran ke membran lainnya .

Sedangkan PARITONEAL DIALISIS yang mana cara penanganannya menggunakan mesin pencuci darah sehingga endapan kotoran yang mengendap di dalam ginjal bisa dibuang keluar bersamaan dengan cairan Dialisis. Biasanya cara paritoneal Dialisis dilakukan untuk pasien yang mengalami gagal ginjal yang mana teknik ini dilakukan secara berulang - ulang hingga didapatkan pendonor ginjal yang sesuai dengan ginjal pasien.

3. CANGKOK GINJAL
Pada dasarnya jika dengan cara Dialisis dimana pasien akan selalu diminta untuk melakukan cuci darah berulang - ulang. Sedangkan dengan menggunakan cara transplantasi ginjal dimana ginjal pasien dioperasi lalu digantikan oleh ginjal donor yang nantinya diharapkan fungsi ginjal dapat bekerja seperti pada kondisi mendekati normal.

__________________________________________________________

baiklah semoga bermanfaat...♥ :-)

sampai jumpa... ♥^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar